Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Rita:FINA Minta Cabor Renang di Jakarta

Jumat, 09 Januari 2015

Share this history on :
ASIAN Games 2018 rencananya akan digelar ditiga kota yaitu DKI Jakarta, Palembang Sumatra Selatan dan Jawa Barat. Hanya saja, hingga saat ini belum ada Keputusan Presiden (Keppres) terkait dukungan pelaksanaan kejuaraan empat tahunan itu.
Sehingga belum diketahui pembagian pelaksanaan pertandingan cabang olahraga. Sumatera Selatan kususnya kota Palembang meminta pembagian yang merata. Salah satu cabor telah menyatakan keinginannya, yakni Federasi Renang Dunia (FINA).

FINA meminta pertandingan renang Asian Games 2018 digelar di Jakarta dan diharapkan dilakukan perbaikan sebelum kolam yang ada digunakan untuk menggelar perlombaan. "FINA meminta renang digelar di Jakarta. Padahal kolam yang ada (kolam Gelora Bung Karno) tidak sesuai dengan standar internasional. Makanya perlu ada renovasi," kata Ketua KOI Rita Subowo di Jakarta.

Jika dilihat dari kondisi kolam renang Gelora Bung Karno Jakarta saat ini, kata dia, akan sulit direnovasi karena dipastikan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Membuat kolam renang baru dinilai lebih tepat. "Sekarang bikin kolam renang itu lebih mudah. Daripada merenovasi, saya kira membangun yang baru akan lebih efektif," katanya.

Selain kolam renang, lokasi pertandingan yang harus dibangun oleh panitia Asian Games 2018 adalah velodrome atau lokasi balap sepeda. Saat ini, Indonesia juga belum mempunyai velodrome dengan standar internasional. "Pembangunan lokasi pertandingan akan kami serahkan ke DKI karena mereka yang lebih tahu mana yang lebih efisien," kata mantan Ketua Umum KONI Pusat itu.

Asian Games 2018 rencananya akan digelar ditiga kota yaitu DKI Jakarta, Palembang Sumatra Selatan dan Jawa Barat. Hanya saja, hingga saat ini belum ada Keputusan Presiden (Keppres) terkait dukungan pelaksanaan kejuaraan empat tahunan itu. Saat ini, banyak pihak termasuk KOI masih menunggu lahirnya Keppres tersebut. Berdasarkan keterangan dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Keppres Asian Games akan tuntas pekan depan.

"Tahapan kita yang paling mendesak adalah payung hukum yaitu Keppres. Setelah itu akan ditentukan apa dan dimana cabang olahraga itu akan dipertandingkan," kata mantan Ketua Umum PBVSI itu. Sementara itu, pada Asian Games 2018 akan dipertandingkan 36 cabang olahraga. Namun, hingga saat ini masih ada dua cabang yang belum ditentukan. Wewenang untuk memilih berada ditangan Indonesia dan federasi olahraga Asia atau OCA.

"Dua cabang itu akan diputuskan pada rapat koordinasi 28 Januari nanti. Kami akan melihat dulu cabang olahraga apa yang akan mempersembahkan medali," katanya menegaskan. Beberapa cabor berharap ikut serta tampil pada Asian Games 2018 yaitu panjat tebing, brigde, bowling dan sofball/baseball. Yang pasti, satu cabang olahraga asli Indonesia yaitu pencak silat akan dipertandingkan seperti cabang bela diri lainnya. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...