Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Bosowa Gelar Marathon dan Festival Kuliner

Kamis, 05 Februari 2015

Share this history on :
SALAH satu Perusahaan terbesar di Makasar (Sulsel) yakni Grub Bosowa akan menggelar Bosowa Half Marathon. Namun penyelenggaraannya agak unik dirangkai dengan Perkenalan Kuliner.

“Agaenda yang kami susun adalah untuk memperkenalkan kuliner Sulawesi Selatan. Festival Kuliner ini adalah menyajikan makanan khas empat etnis besar yakni Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja," kata Melinda Aksa Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 Bosowa kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Menurut Melinda bahwa penyelenggarakan lomba lari tersebut sudah kali kelima kali terlaksana.Tig pelaksanaan awal adalah sebatas uji coba. Pada pergelaran pertama, tahun 2011, Pihaknya mengelar lomba marathon 10 kilometer. Setahun berikutnya, dilaksanakanlah lomba half marathon. Disebut half marathon karena jarak tempuh lomba lari itu hanya sekitar 21 kilometer. Jarak itu setara dengan hampir separuh jarak tempuh resmi lari marathon sepanjang 42,195 kilometer.

Untuk penyelenggaraan tahun ini berkaitan dengan angka 42. Sebab menurut Melinda berhubungan dengan HUT Bosowa ke-42, “ Bosowa mencanangkan semboyan "Semua Bisa Juara. Lomba berhadiah total hingga Rp 402 juta itu bakal menargetkan 4.200 peserta.,” tegas Melinda.

Melinda,yang juga selaku Direktur Bosowa Foundation menyatakan festival kuliner itu berlangsung di Lapangan Karebosi, Kota Makassar sejak Jumat (27/2/2015) sampai dengan Minggu (1/3/2015). Beberapa makanan khas seperti coto makassar, pallubasa, sop konro, gogos (sejenis lemper berisi ikan), hingga es pisang hijau bakal menjadi suguhan dalam festival itu.

Di event kali ini terdapat enam kategori lomba. Pertama, 21K Open untuk peserta warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI). Kedua, 21K Closed untuk WNI saja. Ketiga, 21K Master untuk peserta berusia 40 tahun ke atas. Keempat, 10K Closed hanya untuk WNI. Kelima, 10K Pelajar, untuk peserta berusia di bawah 16 tahun. Keenam, 5K Closed untuk WNI.

Panitia memberikan prioritas lebih bagi peserta WNI untuk menjadi juara-juara baru. Makanya, untuk seluruh kategori WNI, peringkat juara hingga enam orang. Sementara, untuk kategori WNA, peringkat juara hanya tiga orang.

Rute-rute yang akan dilalui adalah ikon Kota Makassar seperti benteng Fort Rotterdam dan Monumen Mandala. Rute marathon juga melewati Pantai Losari, salah satu tempat favorit di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan tersebut. Seluruh persyaratan lomba, kata Melinda, bisa dilihat di laman www.bosowahalfmarathon.com .

Hingga kini per 5 Februari 2015 menunjukkan sudah ada sekitar 2.000 peserta yang mendaftar. Sementara, panitia membidik target peserta atlet asing sekitar 30 orang. Target peserta atlet nasional ada di angka 50 orang. Total target panitia adalah sekitar 4200 peserta. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...