Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Uang Jaminan AG 2018, Belum Dibayar

Selasa, 28 Juli 2015

Share this history on :
HAMPIR satu tahun Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Namun belum banyak kemajuan yang ditunjukkan oleh pemerintah, termasuk uang jaminan, peluncuran logo dan maskot yang hingga sekarang belum dilakukan.

Indonesia wajib membayar guarantee deposit‎ sebesar 2 juta US Dollar dan untuk public relations and advertising campaign sebesar 15 juta dolar oleh Indonesia sejatinya sudah dilakukan sejak Maret kemarin.‎ Tapi sampai akhir Juli belum terealisasi.

Pemerintah melalui pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga mengatakan masih menahan dana tersebut karena belum adanya nota kesepahaman dengan pihak KOI terkait siapa yang bertanggung jawab soal dana tersebut. Di samping itu, alasan mereka adalah agar dana yang dikirim benar-benar tepat sasaran.

"Khusus untuk guarantee fee 2 juta USD memang harus clear siapa yang akan bertanggung jawab. Meski surat dari KOI itu sudah sampai ke kami (kemenpora) untuk segera dibayar dan mereka juga minta disegerakan," ujar juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, di sela rapat lanjutan rapat koordinasi persiapan Asian Games 2018, di Hotel Century, Senayan, Jakarta, pada Senin (27/7/2015)

"Tapi kami kan harus lihat kajian hukumnya, jangan sampai pihak auditor seperti BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan lain-lain justru mempermasalahkan. Makanya perlu ada MoU untuk pembayaran ini supaya dasar hukumnya jelas," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum KOI Rita Subowo mengakui bahwa pengiriman dana jaminan tersebut sudah sangat telat. ‎Karenanya ia mengimbau agar pembayaran itu segera dilakukan sebagai bentuk keseriusan Indonesia sebagai tuan rumah.

"‎Agenda yang dibahas kali ini bagaimana penyerapan dana Asian Games. Karena kita sudah cukup terlambat. Kalau tidak bayar kita tidak punya ikatan dengan OCA. Nah, kalau tidak ada ikatan kan bisa saja dicabut atau apa. Tapi kalau sudah dibayar kan lebih enak pengerjaannya," kata Rita yang pada hari ini, Senin (27/7/2015), berulang tahun. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...