Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Hadapi Dua Even, Satlak Prima Rekrut 700 Atlet

Senin, 11 Januari 2016

Share this history on :
GUNA menghadapi dua multievent SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) akan merekrut 700 atlet. Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Sport Science Satlak Prima Prof. DR Hari Setiono.

“Rencanya sudah disusun, yakni pada awal Februari ini akan mengadakan tes atlet yang akan dipersiapkan ke SEA Games dan Asian Games 2018. Jumlahnya mencapai 700-an atlet,” kata Hari Setiono di sela-sela kegiatan tes Medis dan Psikologi Atlit di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur Jakarta Timur Senin (11/1).

Ada pun Tes Medis dan Psikologi Olimpiade tersebut diikuti 29 atlet terdiri dari cabang Voli pantai (12), Renang (4), Panahan (7), dan Atletik (6). Menurut Hari Setiono yang didampingi Koordinator Sport Science Ivana Lie, pola tes yang akan diterapkan sama halnya dengan pola tes yang dilakukan terhadap atlet program Olimpiade.
Menurutnya, pola tesnya sama meliputi medis, fisik, psikologi dan tes bio mekanik. Mengingat jumlahnya cukup banyak dan melibatkan atlet Pratama, menurut mantan Deputi Kemenpora ini, tes dilakukan tidak terpusat di Jakarta tetapi menyebar di berbagai daerah.

Hingga Senin (11/1), Satlak Prima telah melakukan tes terhadap 7 Cabang Olahraga yang diproyeksikan ke Olimpiade Rio 2016. Ketujuh cabang yang sudah menjalani test Angkat Besi, Bulutangkis, Taekwondo, Voli Pantai, Renang, Atletik dan Panahan. Sedangkan Cabang Rowing, Balap Sepeda dan Judo akan dilakukan di Bandung dan Surabaya,18-22 Januari.

Dari hasil tes ini, kata Hari Setiono, Satlak Prima berharap ada kompilasi agar dapat dibentuk Profiling Atlet. “Hasil tes akan diserahkan kepada pelatih masing-masing cabang. Tujuannya, agar pelatih yang dapat menyimpulkannya sendiri,” jelasnya.
Kesempatan yang sama manajer Voli Panti Slamet Muljanto mengatakan, Voli Pantai akan mengadakan serangkaian uji coba ke luar negeri sebelum menuju Pra Kualifikasi Olimpiade Rio de Jeneiro 2026, Juni mendatang.

Sebagai tahap awal, kata Slamet, uji coba voli pantai akan mengikuti Kejuaraan Asia Pacifik di Sydney Australia bulan Maret mendatang. Kemudian mengikuti dua seri Kejuaraan Asia Pasifik di Thailand,7-17 April dan di Palembang 20-23 April mendatang.

Selanjutnya tim putri akan tampil di Continental CupThailand,12-14 Mei 2016. Khusus putri akan langsung tampil ke babak semifinal sedangkan putra akan turun di Final Continental, 20-26 Juni yang sekaligus Pra Kualifikasi Olimpiade. “Peluang voli pantai tampil di Oimpiade Rio de Jeneiro 2016 tetap ada tapi harus kerja keras dan cerdas,” jelasnya. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...