Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Pelatnas Equestrian SEA Games di APM Equestrian Center

Minggu, 23 April 2017

Share this history on :
ADRIA Pratama Mulya (APM) Equestrian Center yang berlokasi di Kecamatan Tiga Raksa Kabupaten Tangerang mendapat kehormatan dari Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) sebagai tempat pelaksanaan pusat pelatihan nasional/Training Camp (TC) Tim Equestrian Indonesia yang diproyeksikan ke SEA Games 2017 di Malaysia. Hal tersebut disampaikan Nadia Marciano selaku pemilik APM Equestrian Center.

"Kami mendapat kehormatan dari PP Pordasi selaku induk cabor yang menaungi equestrian Indonesia sebagai tempat pelaksanaan pelatnas equestrian menuju SEA Games 2017. Untuk tahap pertama sudah dilaksanakan pada sekitar Februari lalu," kata Nadia di sela-sela penyelenggaraan Charity Show (Pertunjukkan Amal) yang didedikasikan untuk membalas jasa orang-orang yang selama membantu kegiatan kuda di Indonesia. Baik yang bertindak selaku pelatih maupun groom (perawat kuda) yang sudah pensiun atau dalam kondisi membutuhkan bantuan.

Kegiatan amal ini diselenggarakan di APM Equestrian Center Tiga Raksa, Kabupaten Tangerang, mulai Jumat (21/4) sampai dengan Minggu (23/4). Bakti sosial yang kedua kali ini turut diramaikan oleh para atlet pelatnas Equestrian Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2017. Sebagaimana pelatnas tahap pertama, untuk tahap kedua juga akan dilaksanakan di APM Equestrian Center.

Nadia mengaku senang karena PP Pordasi dan para atlet peserta pelatnas cukup puas dengan kualitas dan kelengkapan fasilitas yang disediakan APM Equestrian Center. "Syukur alhamdullilah tidak ada keluhan. Semua berjalan dengan baik. Kita sediakan semua termasuk ruangan untuk penginapan atlet," tutur Nadia.

Namun demikian, sambung Nadia, pihaknya tetap komit untuk bisa memberikan pelayanan terbaik guna memaksimalkan proses pelatnas Tim Equestrian Indonesia ke SEA Games 2017. Sejalan dengan misi tersebut, untuk pelaksanaan pelatnas tahap kedua, Nadia berniat untuk mendatangkan motivator. Diharapkan peran motivator dapat memantapkan tekad dan semangat para atlet pelatnas untuk bisa meraih hasil terbaik di SEA Games 2017 nanti.

"Kami belum menetapkan siapa nantinya motivator yang akan kita datang untuk memotivasi para atlet pelatnas. Saya masih diskusikan dengan ayah saya, Marciano Norman. Karena sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia, selama ini papa sering mendatangkan motivator dalam pelaksanaan pelatnas taekwondo," terang Nadia.

"Selain itu untuk memantapkan kondisi kuda jelang dibawa ke Malaysia kami juga akan mendatangkan dokter dari Portugal. Jadi kami berupaya maksimal mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan Tim Equestrian Indonesia selama menjalani pelatnas di APM Equestrian Center.


Sementara itu kesempatan yang sama, Ketua Umum PP Pordasi mengemukakan dipilihnya APM Equestrian Center sebagai tempat pelaksanaan TC Tim Equestrian Indonesia ke SEA Games 2017 dikarenakan karakteristiknya sangat mirip dengan arena pertandingan equestrian yang akan digunakan di Malaysia.

"Sebelum kami memutuskan melaksanakan TC pelatnas di APM Equestrian Center kami terlebih dahulu melakukan obervasi. Dan ternyata karakteristik APM Equestrian Center sangat mirip dengan arena yang akan digunakan di Malaysia. Termasuk suhu udaranya. Karena itulah saya meminta tolong kepada Pak Marciano Norman untuk menggunakan fasilitas di sini," papar Eddy Saddak yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Federasi Equestrian Dunia (FEI).

Menurut Eddy, sejak menjalani pelatnas tahap pertama, kemampuan para atlet pelatnas SEA Games terus meningkat. Terbukti dalam ajang Charity Show. "Kita bisa kemajuan mereka. Mereka bisa bikin sembilan kali clear round di kelas 135 cm dan 145 cm padahal ketinggian mistar yang akan digunakan pada SEA Games nanti hanya 130 sampai 135 cm untuk individual dan 120 sampai 125 untuk nomor tim. Malahan kita jadi kesulitan untuk memilih atlet," ujarnya.

"Jadi kami sangat puas dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh APM Equestrian Center," imbuhnya. Berkaca dari progres yang dicapai para atlet pelatnas, Eddy optimis bisa merebut tiga emas pada SEA Games 2017.

Di SEA Games nanti, cabor equestrian akan mempertandingkan tiga disiplin yaitu show jumping (loncat rintang), dressage (tunggang serasi) dan endurance (daya tahan) individual dan beregu.Indonesia hanya akan mengikuti disiplin show jumping dan dressage. Nantinya akan ada delapan atlet yang dibawa ke Malaysia. Jordan


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...