Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Hasil Peninjauan Wasra, Lokasi Tes Doping Belum Selesai

Kamis, 02 Agustus 2012

Share this history on :

TIM medis PON XVIII/2012 Riau September mendatang akan tersebar di tempat kedatangan. Untuk jalur udara di bandara, dan sejumlah titik untuk perjalanan darat dan air. Demikian dikatakan Ruswaldi Munir, Ketua Tim Kesehatan PB PON kepada Tim Kesehatan Wasra yang diketuai DR Zainal Abidin, di Riau, Rabu (1/8).

“Kami menyiapkan sekitar 39 medical room di venue olahraga dan dua medical center, satu di Rumbai dan satunya di Sutan Syarif Kasim II ini,” ujar Ruswaldi Munir, Ketua Tim Kesehatan PB PON di Riau, Rabu (1/8). Menurut Ruswandi bahwa tim medis nanti akan disiagakan di sejumlah titik lain, seperti lokasi pengambilan api PON hingga saat upacara pembukaan/penutupan berlangsung nanti.

Sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk tim medis tidak sedikit. Hingga saat ini, PB PON telah melakukan proses rekruitmen diantaranya dokter, fisioterapis dan measure (pijat). “Nanti jadwal kerja mereka akan bergantian tiap dua jam dan tersebar di 39 cabang olahraga. Tiap satu cabang olahraga akan dilengkapi dengan satu dokter dua perawat.Sedangkan untuk medical center, di sana lengkap,” ujarnya.

Dalam hal ini, tim kesehatan PB PON bekerja sama dengan rumah sakit setempat di Riau. Baik rumah sakit pemerintah, TNI, maupun swasta. Sekaligus penyiapan fasilitas ambulan yang akan tersebar nantinya. Sementara, lokasi untuk tes doping PON belum di sterilisasi. Hal ini disebabkan karena saat ini sejumlah lokasi tersebut masih dalam tahap pembangunan. PB PON menargetkan, awal September lokasi tersebut sudah siap.

“Kami menyiapkan tes doping dan akan tersebar di seluruh venues. Kondisinya masih dibangun jadi belum disterilisasi. Target kami awal September ini semua sudah selesai,” ujar Ruswaldi. Tes doping di PON nanti akan dilakukan selayaknya ajang multievent olahraga lainnya. Selain membicarakan hal ini, persiapan medis juga dibicarakan. Menyusul Ketua bidang kesehatan tim pengawas dan pengarah (Wasra) PB PON, Zainal Abidin, meninjau progres yang berkembang. “Tujuan kami ke Riau Rabu ini adalah untuk meninjau ulang sejauh mana kesiapan tim medis PB PON untuk ajang olahraga empat tahunan nanti,” ujar Zainal Abidin yang juga Kabid Sport Sience & IPTEK Olahraga KONI Pusat. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...