Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

KONI Tetapkan EFI Jadi Anggota

Sabtu, 23 Februari 2013

Share this history on :
AKHIRNYA KONI Pusat memutuskan Federasi Equestrian Indonesia (EFI) menjadi anggota resmi KONI. Keputusan itu diambil dalam Rapat Anggota KONI di Hotel Preanger, Bandung, Kamis (21/2/2013). Menurut Ketua Umum KONI Tono Suratman bahwa dengan telah masuknya EFI menjadi anggota resmi KONI. Ini artinya kewenangan pembinaan equestrian di Indonesia berada ditangan EFI. Tono meminta supaya semua pihaknya dapat mendukung keputusan yang telah ditetapkan di tersebut. Proses pemilihan EFI berlangsung a lot di dalam rapat komisi I KONI, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/2). EFI sebagai anggota yang disahkan untuk mengurusi equestrian melalui voting. Sebanyak 16 suara memberikan dukungan, sedangkan 10 menolak, dan 10 tidak memilih.

“Dengan masuknya EFI menjadi anggota KONI, semua persoalan selesai, dan pembinaan lomba ketangkasan berkuda berada di EFI. Semua kita serahkan ke EFI termasuk persiapan untuk SEA Games 2013 mendatang,” kata Tono. Keputusan itu sekaligus membantah pernyataan Ketua Sport And Law Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Haryo Yuniarto, yang mengatakan bahwa hanya mengakui Equestrian Indonesia (Eqina) untuk menangani equestrian. Apalagi, Eqina dianggap Haryo berada di bawah PB Pordasi, sehingga resmi dalam menangani kelas equestrian dalam berkuda.

“Kami bersyukur akhirnya KONI menetapkan EFI sebagai anggotanya dan bukan pihak PB Pordasi. Ini tentunya kemenangan untuk kita. Karena, selama ini kita yang diakui oleh pihak Federation Equistrian Internasional (FEI),” ucap Prasetiono Sumiskum, Ketua Bidang Trilomba EFI. Prasetiono yang juga Manajer Timnas Equestrian proyeksi SEA Games 2013 menegaskan, siap membuka pintu kepada para pengurus Eqina untuk bisa sama-sama membangun prestasi olahraga berkuda. Ia menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa agenda penting untuk melakukan persiapan Timnas SEA Games. Salah satunya adalah kualifikasi Seleknas pertama di Lembang, Jawa-Barat pada 9-12 Maret mendatang. Dilanjutkan Tes Event SEA Games di Myanmar pada 14-18 Maret mendatang. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...