Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Timnas Equestrian Sukses di Pre-SEA Games 2013

Selasa, 19 Maret 2013

Share this history on :
USAI meraih gelar juara umum cabang olahraga (cabor) equestrian Indonesia dalam pre-SEA Games Trial Ride di Nay Pyi Taw, Myanmar, dalam rangka persiapan SEA Games XXVII/2013. Diman Tim Indonesia meraih tiga medali, yakni dua medali emas dari disiplin Dressage (tunggang serasi) tim dan Dressage individual serta satu satu medali perak untuk endurance (data tahan) individual. Adhita Indra dan Alvaro Menayang meraih medalu emas untuk disiplin Dressage. Kemudian Adhita Indra meraih medali emas untuk Dessage individual. Sementar medali perak, diraih Otto Satyawan, disiplin Endurance individual.

Menurut Menejer tim Prasetiana hasil yang diraih itu membuat cabor equestrian merasa yakin dalam SEA Games Myanmar Desember 2013 mendatang, Indonesia akan kembali meraih medali emas, sekaligus keluar sebagai juara umum. "Tingkat persaingan sebenarnya cukup merata. Hanya saja, kami harus terus waspada dan fokus. Salah satu negara yang diperkirakan menjadi saingan terberat di kelas Dressage yakni Thailand. Sedangkan disiplin Jumping, cukup merata," ujar Manajer Timnas Equestrian, Prasetyono Sumiskum, kepada para wartawan usai tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Senin (18/3) malam.

"Kami mengalami sedikit kendala, sebab kuda untuk Dressage, juga digunakan untuk Show Jumping. Padahal, itu tidak boleh dilakukan. Namun, kami harus mengapresiasi venue yang sangat tertata rapi. Apalagi, Panitia Pelaksana (Panpel)menjanjikan menambah jumlah kuda. Dari semula berjumlah 38, akan menjadi sekitar 70 ekor," tuturnya. Tim equestrian Indonesia terdiri 14 orang. Mereka yakni, lima atlet, dua pelatih, satu manager tim, satu perwakilan dari Satlak Prima dan perwakilan Equestrian Federation of Indonesia (EFI). Tim dipimpin Prasetyono Sumiskum, selaku manajer.

Dalam Trial Ride, mereka melawan lima negara Asia Tenggara lainnya, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Myanmar dengan total atlet sebanyak 30. Kegiatan tersebut, dibuka Wakil Presiden Myanmar U Nyan Tu dan dihadiri Menteri Olahraga Myanmar U Tint San. Even memperebutkan lima medali, untuk disiplin Endurance individual, Dressage tim, Dressage individual, Jumping tim, dan Jumping individual.

Hal yang menggembirakan adalah terpilihnya Irfan Gading (Indonesia) menjadi wakil Presiden SEAEF untuk masa bakti 2013-2017 dalam agenda South East Asian Equestrian Federation (SEAEF), General Assembli (GA). Delegasi Indonesia terdiri dari Irvan Gading (Ketua Umum EFI), Larasati Gading, dan Prasetyono Sumiskum. Sementara Ketua kembali dijabat Harald Link (Thailand). "Dalam aturan SEAFF boleh merangkap jabatan. Yang pasti, kami akan terus bersinergis demi eksistensi equetrian Indonesia," kata Irvan yang juga menjabat sebagai Ketua Umum EFI.(Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...