Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

EQINA Gelar Kejuaraan Terbesar, Kawilarang Cup

Jumat, 14 Juni 2013

Share this history on :
Kejuaraan nasional berkuda AE Kawilarang (AEK) Memorial Cup II 2013 sebagai gelaran paling akbar tahun ini. Yang digelar oleh Equestrian Indonesia (EQINA), benar-benar event yang paling akbar dan terbesar dari kejuaraan yang pernah ada. Pasalnya dengan jumlah peserta yang telah mendaftar untuk tampil di kejuaraan yang diikuti atlet-atlet equestrian terbaik Tanah Air, sudah melebihi target. Tercatat 359 Entries, 111 Kuda, dan 93 rider akan beradu teknik dan strategi pada kejuaraan yang akan dihelat di arena pacuan kuda Pulomas, Jakarta Timur, 14-16 Juni in.

Jumlah itu jelas melebihi gelaran AEK Memorial Cup I di Arthayasa Stable, Cinere, Februari. Bahkan jumlah itu juga masih lebih banyak dari kejuaraan Jateng Master 2013 di Arrowhead Stable, Tegalwaton, Salatiga, akhir April lalu. Menurut Sekjen EQINA Ardi Hapsoro Hamidjojo mengatakan, kehadiran begitu banyak peserta di AEK Memorial Cup II menjadi bukti bahwa kejuaraan-kejuaraan yang dihelat EQINA memiliki daya tarik dan gengsi yang sangat tinggi. Bahkan tidak hanya atlet atau klub equestrian yang selama ini selalu berkompetisi yang telah mendaftar, tetapi juga anggota baru yang baru tampil pertama kali bersama EQINA.

“Saya yakin event ini bakal meriah dan pasti dahsyat.Baru kali ini peserta kejuaraan equestrian begitu banyak sehingga kami pun harus selektif untuk menerima pendaftaran. Yang pasti, ini juga menjadi bukti dari janji EQINA untuk terus memasyaratkan dan mengembangkan, serta meningkatkan kualitas atlet equestrian kita agar mampu berprestasi lebih tinggi lagi di masa mendatang,” papar Ardi. Menurut rencana, AEK Memorial Cup II 2013 akan dibuka Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama, Sabtu (15/6), sebagai bagian dari perayaan HUT ke-486 Jakarta.Kejuaraan ini tetap mempertandingkan disiplin dressage dan show jumping. Hari pertama, Jumat (14/6), akan dipertandingkan seluruh kelas-kelas dressage. Setelah itu, Sabtu dan Minggu, akan digelar kelas-kelas show jumping atau lompat rintangan.

Dalam kesempatan yang berbeda Kabid Binpres EQINA Bibit Sucipto mengungkapkan, di AEK Memorial Cup II 2013 baru kali pertama akan dilombakan kelas show jumping 140cm. Itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sekaligus tantangan bagi para rider andalan seperti Raymen Kaunang, Yan Yan Hadiansyah, Jojo Jonathan, Ferry Sudarmadi, juga atlet muda penuh bakat Brayen-Brata Coolen, yang sejak tampil di Jateng Master 2013, langsung menetap dan berlatih di Negeri Belanda. “Tentunya dengan dilombakan kelas 140cm, persaingan pasti akan lebih menarik. Ini juga baru kali pertama selama 2013 ini digelar kelas 140cm,” kata Bibit. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...