Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

5 Daerah Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah PON 2020

Jumat, 20 September 2013

Share this history on :
KONI Pusat telah membentuk Tim Verifikasi dan Tim Penjaringan terkait tuan rumah PON 2020. Ya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, memang masih tujuh tahun lagi, tapi lima provinsi saat ini secara resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di tanah air tersebut.
Kelima daerah itu yakni Bali, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Papua. Khusus untuk Papua, nantinya akan menjadi tuan rumah bersama dengan Provinsi Papua Barat. Kelima calon tersebut juga harus menyerahkan pendaftaran tertulis ke KONI Pusat paling lambat November 2013 mendatang.

Menurut Eman Sumusi selaku Ketua Tim itu menyatakan bagi calon tuan rumah selambat-lambatnya harus menyerahkan berkas pada akhir November mendatang. “Bagi daerah yang bersedia menjadi tuan rumah, harus melengkapi semua berkas. Termasuk persyaratan jaminan berupa uang,” kata Eman kepada wartawan di sela- sela Rapat Koordinasi dan Konsultasi di Hotel Century Jakarta, Rabu (18/9).

Sementara itu Bali siap menjadi tuan rumah. Demikian ditegaskan Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Bali, I Nyoman Yamadhiputra, salah satu perwakilan dari kelima Provinsi yang ditemui mengatakan. Nyoman menyatakan pihaknya telah mengajukan secara resmi Provinsi Bali sebagai tuan rumah PON 2020 dalam Rapat Koordinasi dan Konsultasi (Rakorsultasi) KONI Pusat yang dilakukan di Hotel Century Jakarta.

“Semua persyaratan bagi kami tidak ada yang sulit, apalagi Bali sendiri sudah berpengalaman menyelenggarakan berbagai perhelatan internasional, seperti Asian Beach Games dan lainnya. Bali saat ini jadi destinasi pariwisata dan menggalakan pariwisata olahraga. Kita serius atas pencalonan ini,” ujar Yamadhiputra, di Hotel Century Senayan, Jakarta, Rabu (18/09/13).

KONI Pusat sendiri telah menetapkan beberapa persyaratan, di antaranya, menyerahkan syarat administrasi sebesar Rp1 miliar pada November mendatang sebagai bentuk keseriusan, memiliki surat tertulis dari Gubernur dan DPRD setempat yang menyatakan mendukung, kesiapan melakukan pertandingan antara 28-35 cabang olahraga (cabor), kesiapan sumber daya manusia, kesiapan anggaran, dan pernah melaksanakan pertandingan internasional.

“KONI Pusat juga telah membentuk tim verifikasi penjaringan dan penyaringan tuan rumah PON tersebut, yang akan melakukan pengecekan terhadap kelima calon tuan rumah tersebut, yang kemudian hasilnya akan dilaporkan dalam Rapat Anggota Tahunan pada 2014 mendatang,” kata Tono. Lebih lanjut ia menegaskan tugas KONI hanya menjaring dan menyaring saja. Kami melihat semua provinsi memiliki peluang yang sama. Dan akan ada tim verifikasi dari KONI untuk memantau kelima calon tuan rumah tersebut. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...