Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sumut Bersaing Jadi Tuan Rumah PON XX 2020

Jumat, 29 November 2013

Share this history on :
PROVINSI Sumatra Utara (Sumut) siap menjadi tuan rumah dan bertarung dengan daerah lain untuk menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Hal tersebut terungkap ketika Negeri Tanah Deli tersebut melakukan pendaftaran di gedung KONI Pusat di Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Menurut Sekda Pemprov Sumut Nurdin Lubis bahwa Sumut telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,460 triliun menjadi tuan rumah. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun venues serta memperbaiki tempat pertandingan yang sudah ada.

"Kedatangan kami kali ini membawa proposal tentang kesiapan dari segi venues dan pendanaan," ujar Nurdin yang didampingi anggota DPR-RI asal Sumut Chairuman Harahap, Wakil Ketua DPRD Sumut Kamaluddin, Ketua Harian KONI Sumut Jhony Lubis, Sekum KONI Sumut Chairul Azmi, dan Bupati Mandailing Natal Dahlan Nasution ketika menyerahkan berkas adminitrasi kepada panitia pendaftaran PON 2020.

Lebih lanjut Nurdin menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya nanti, masyarakat Sumut telah siap menyambut kontingen dari propinsi lain di PON 2020 nanti. Selain itu, pemerintah setempat juga telah merencanakan program unik yakni memberikan layanan low cost dan pelayanan memuaskan bagi para kontingen yang hadir di PON 2020. "Kami akan memberikan biaya murah dengan fasilitas bintang lima. Atau pelayanan yang memuaskan," ujar Nurdin yang diamini Chairuman Siregar dan Kamaluddin.

Selain Sumatera Utara, di waktu yang sama Provinsi Aceh juga mendaftarkan diri sebagai tuan rumah PON 2020. Provinsi yang mendapatkan julukan Serambi Mekah tersebut mengklaim telah memiliki fasilitas venue cukup memadai seperti lapangan dan stadion, penginapan, dan rumah sakit. Aceh telah menyiapkan dana sebesar Rp 8 triliun untuk membangun sarana olahraga yang berstandar internasional.

Tim Penjaringan telah menetapkan bahwa persyaratan utama agar bisa lolos menjadi tuan rumah PON 2020 yakni sudah memiliki infrastruktur yang dibutuhkan minimal 50 persen. Tim penjaringan tuan rumah PON 2020 akan melakukan peninjauan secepatnya, sebelum rapat besar anggota PON pada Februari 2014. Sejumlah provinsi yang sudah mendaftar di antaranya, Papua, Bali, Jateng, Kalbar, dan Sulsel. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...