Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Bali Siap Jadi Tuan Rumah PON 2020

Jumat, 24 Januari 2014

Share this history on :
PROVINSI Bali siap bersaing dengan lima provinsi lainnya untuk menjadi penyelenggara PON 2020 mendatang. Demikian ditegaskan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta di sela-sela pelantikan Pengurus KONI Bali periode 2013-2017 oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman di Denpasar, Jumat.
Menurut Sudikerta Bali optimis bakal menjadi tuan rumah pentas olahraga nasional itu. "Bagi Bali ini menjadi momentum penting di tahun 2020, Kami pun sudah siap menjadi tuan rumah PON. Bali memiliki kelebihan dari daerah lain. Mengenai sarana penginapan atlet tidak masalah, karena banyak hotel mulai berbintang hingga non bintang," katanya.
Sudikerta menjanjikan jika PON di Bali, seluruh daerah yang ingin memamerkan produksinya diberikan tempat secara gratis di Taman Budaya Denpasar. "Begitu juga terkait transportasi akan disediakan secara gratis oleh Pemerintah Provinsi Bali, serta diakhir kegiatan akan diajak berwisata ke sejumlah objek wisata di Pulau Dewata," tandas pria yang murah senyum itu.
Sementara itu Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tono Suratman mengatakan enam provinsi memiliki peluang yang sama untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-20 tahun 2020.
"Hingga batas penutupan terdapat enam provinsi yang mengajukan kepada kami untuk menjadi tuan rumah PON ke-20 tahun 2020," tegas Tono. Keenam provinsi yang mengajukan diri menjadi tuan rumah PON ke-20 adalah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Tengah dan Bali.
"Keenam provinsi tersebut selanjutnya dilakukan ke tim penjaringan guna menindaklanjuti persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi tuan rumah olahraga empat tahunan tersebut," ujarnya.
Tim Penjaringan akan melakukan survei, baik kesiapan dari daerah tersebut maupun kesiapan lainnya. "Nantinya keenam daerah ini setelah dilakukan penjaringan dari tim tersebut, maka dari itu harus mendapatkan dukungan dari provinsi lain di Indonesia," tegasnya.
Masih menurut Jendral Purnawirawaan Bintang Dua itu, untuk mendapatkan dukungan dari daerah lain perlu melakukan presentasi kepada daerah, sehingga mendapatkan dukungan menjadi tiga besar yang selanjutnya kembali diseleksi oleh KONI Pusat. "Jadi dalam penjaringan semua daerah diberlakukan secara obyektif penilaiannya," tandas mantan Ketua PB IKASI (anggar) itu. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...