Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Gelar Kejuaraan Dunia Wushu, IWUF Siap Bantu PBWI

Jumat, 21 Maret 2014

Share this history on :
PB Wushu Indonesia (WI) ditunjuk oleh Federasi Internasional Wushu (IWUF), menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Sanda 2014 di Jakarta, 18-21 November mendatang. Diperkirakan, ajang tersebut akan diikuti ratusan peserta dari 25 negara. Sanda atau sanshou merupakan nomor pertarungan. Ada pula nomor peragaan jurus atau taolu.
Terkait pelaksanaan itu Ketua Umum PB WI Master Supandi Kusuma, berjanji bakal memanfaatkan kepercayaan IWUF. Semula bukan Indonesia yang ditunjuk menjadi tuan rumah, melainkan Vietnam. Apalagi kejuaraan dunia kali ini merupakan kali pertama digelar di luar China, yang menjadi tuan rumah dalam enam gelaran sebelumnya.
”Ini sebuah kehormatan Indonesia, sehingga kita harus maksimalkan kepercayaan ini,” ujar Supandi di sela penandatangan nota kesepahaman antara PB WI dengan IWUF di Jakarta, kemarin.
Hadir dalam acara itu sejumlah tokoh olahraga. Di antaranya, Deputi IV Kemenpora Djoko Pekik, Ketua KOI Rita Subowo, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman dan Bapak Wushu Indonesia, IGK Manila. Lebih lanjut, Supandi mengatakan, para atlet Indonesia yang akan turun di kejuaraan dunia nanti, harus berjuang maksimal. Selain membawa nama negara, mereka sekaligus bisa mengasah diri sebelum tampil di SEA Games Singapura, Juli 2015.
”Kusus bagi atlet wushu kita, kejuaraan dunia nanti akan berfungsi menguji kualitas para atlet nasional, baik untuk menambah pengalaman bertanding, dan sebagai langkah meraih prestasi,” jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama Ketua Komisi Teknik IWUF, Wang Yulong mengaku siap membantu Indonesia menyukseskan Kejuaraan Dunia Sanda 2014. Kejuaraan tersebut sangat bergengsi karena hanya diikuti atlet wushu sanda yang mempunyai prestasi dunia. Pria yang juga wakil presiden Asosiasi Wushu China itu berjanji, akan membantu atlet wushu Indonesia agar lebih berkembang dan berprestasi hingga tingkat internasional.
China menawarkan dengan mengajak berlatih tanding di China. Pihaknya juga akan mengirimkan pelatih berkualitas untuk membantu pembinaan di Indonesia. ”Pada 2014 ini, kami membuat terobosan baru di lima benua. Kami berharap wushu Indonesia bisa mengikuti program ini untuk meningkatkan prestasi wushu junior,” tandas Raja Media dari Tanah Deli itu. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...